UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

RAMDHANI C., MARINA (2016) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (883Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) disertai dengan pendekatan Problem Posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode observasi ini dilakukan dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran pada materi bangun ruang kubus dan balok, kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa ketika mengikuti proses pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data – data berupa nama – nama siswa, daftar nilai tes dan foto rekaman proses tindakan. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyidik. Triangulasi penyidik disini dengan membandingkan hasil observasi dari dua orang observer yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari evaluasi hasil belajar siswa, sedang data kualitatif diperoleh dari lembar observasi. Analisis dekripsi kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran matematika yang dilakukan guru dan untuk menghitung prosentase jumlah siswa yang berhasil dalam pembelajaran itu. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk mendekripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari : keaktifan siswa prasiklus sebesar 9. 41 % dan setelah penelitian siklus II menjadi 60. 28 %, nilai rata-rata hasil belajar siswa prasiklus sebesar 59.2 dan setelah penelitian siklus II menjadi 73.52, ketuntasan belajar klasikal prasiklus sebesar 14.71 % dan setelah penelitian menjadi 61.76 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) disertai dengan pendekatan Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : keaktifan, hasil belajar, Think-Pair-Share, Problem Posing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 01 May 2016 12:47
    Last Modified: 01 May 2016 12:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25596

    Actions (login required)

    View Item