KAJIAN LETERARTUR TENTANG PENERAPAN INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS (IFRS) PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011 (STUDI KASUS PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK. DAN PT BCA TBK.)

Sarwono, Joko (2016) KAJIAN LETERARTUR TENTANG PENERAPAN INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS (IFRS) PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011 (STUDI KASUS PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK. DAN PT BCA TBK.). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (470Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan mengenai; 1) kendala yang dihadapi dalam proses adopsi IFRS di Indonesia, 2) manfaat bisnis yang didapatkan oleh perusahaan public dalam menerapkan IFRS, 3) dampak positif yang diperoleh perusahaan setelah mengadopsi IFRS.. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif, melalui metode ini diharapkan didapat hasil yang dapat menggambarkan secara jelas dari tujuan penelitian. Data diperoleh melalui data sekunder berupa archival report dan penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling agar diperoleh sampel penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Serta studi kepustakaan dalam mengumpulkan data. Melalui triangulasi sumber data diharapkan data yang diperoleh lebih beragam dan meyakinkan untuk mendapatkan kesimpulan semetara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) kendala dalam adopsi IFRS di Indonesia adalah (a) kurang siapnya SDM, (b) kelemahan proses transliterasi Bahasa Inggris dalam standar IFRS ke dalam Bahasa Indonesia, (c) Biaya yang mahal. 2) manfaat bisnis penerapan IFRS bagi perusahaan publik adalah (a) akses untuk pendanaan internasional akan lebih terbuka karena laporan keuangan akan lebih mudah dikomunikasikan ke investor global, (b) relevansi laporan keuangan akan meningkat karena lebih banyak menggunakan nilai wajar, (c) kinerja keuangan (laporan laba rugi) lebih fluktuatif seiring dengan naik-turunnya harga pasaran, (d) smoothing income menjadi semakin sulit dengan penggunaan balance sheet aproach ddan fair value, 3) dampak positif setelah penerapan IFRS bagi perusahaan adalah membaiknya kinerja laporan keuangan mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah secara teoritis menunjukan bahwa perbaikan kinerja perusahaan yang menerapkan IFRS. Secra praktik menunjukan bahwa masih perlunya banyak penelitian mengenai penerapan IFRS di Indonesia agar diperoleh kesimpulan mengenai manfaat dan dampak negatif penerapan IFRS. Kata kunci: IFRS, value, akuntabel, dapat diperbandingkan, IFRS capability

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 30 Apr 2016 20:23
    Last Modified: 30 Apr 2016 20:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25591

    Actions (login required)

    View Item