PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN INTELEGENSI TERHADAP KETRAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler MTS Muhammadiyah Blimbing Tahun 2015)

Setiyawan., Ino (2016) PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN INTELEGENSI TERHADAP KETRAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler MTS Muhammadiyah Blimbing Tahun 2015). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (241Kb) | Preview

    Abstract

    Pada umumya dalam pendidikan formal maupun non formal pembelajaran bulutangkis kurang berjalan dengan maksimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, antara lain keterbatasan sarana dan prasarana, terlalu banyak peserta didik, terbatasnya waktu pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang efektif, dan inovasi program-program pelatihan yang masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh latihan imagery dan non imagery terhadap ketrampilan bermain bulutangkis. (2) Perbedaan pengaruh intelegensi tinggi dan intelegensi rendah terhadap ketrampilan bermain bulutangkis. (3) Ada tidaknya interaksi antara latihan imagery dan intelegensi terhadap ketrampilan bermain bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler MTS Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 58 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan pembagian kelompok intelegensi tinggi dan rendah. Dari jumlah populasi 58 orang diambil 50 siswa berdasarkan hasil tes intelegensi yang diklasifikasikan menjadi dua yaitu score intelegensi tinggi dan rendah. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kategori score intelegensi tinggi dan 24 siswa kategori score intelegensi rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu tes intelegensi yaitu menggunakan tes baku intelegence structure test dan tes ketrampilan bermain bulutangkis. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2. Kesimpulan : Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan imagery dan non imagery terhadap ketrampilan bermain bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler MTS Muhammadiyah Blimbing tahun 2015. Fhitung = 28,1866 lebih besar dari Ftabel = 4.11 (F0 > Ft), pada taraf signifikasi 5%. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara intelegensi tinggi dan intelegensi rendah terhadap ketrampilan bermain bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler MTS Muhammadiyah Blimbing tahun 2015. Fhitung = 26,5916 lebih besar dari Ftabel = 4.11 (F0>Ft), pada taraf signifikasi 5%. Ada interaksi yang signifikan antara latihan imagery dan intelegensi terhadap ketrampilan bermain bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler MTS Muhammadiyah Blimbing tahun 2015. Fhitung = 40,9782 lebih besar dari Ftabel = 4.11 (F0 > Ft), pada taraf signifikasi 5%. Kata kunci : intelegensi, latihan imagery, ketrampilan bermain bulutangkis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 30 Apr 2016 19:41
    Last Modified: 30 Apr 2016 19:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25585

    Actions (login required)

    View Item