PENGARUH WORLD AIRLINE AWARDS, DER, DAN DAR TERHADAP ROA (Studi Empiris pada 100 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia Versi Skytrax Tahun 2013)

Mason, Lynda (2016) PENGARUH WORLD AIRLINE AWARDS, DER, DAN DAR TERHADAP ROA (Studi Empiris pada 100 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia Versi Skytrax Tahun 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (408Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh world airline awards, debt to total equity ratio (DER), dan debt to total asset ratio (DAR) terhadap return on asset (ROA). Penelitian ini menggunakan variabel yang belum pernah diuji sebelumnya yaitu world airline awards. Variabel ini merupakan penilaian oleh Skytrax dengan memberikan star kepada maskapai penerbangan. Penilaian yang diberikan oleh Skytrax menggunakan 41 indikator berbeda. Selain itu penelitian ini menguji variabel lain yaitu DER dan DAR. Rasio leverage ini diteliti kembali karena banyak perbedaan hasil dari penelitian terdahulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh maskapai penerbangan dunia yang terdaftar di Skytrax pada tahun 2013. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang terdapat di website masing-masing maskapai penerbangan. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa world airline awards tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan DER berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA, dan DAR berpengaruh signifikan positif terhadap ROA. Kata kunci: Skytrax, world airline awards, debt to total equity ratio, debt to total asset ratio

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 30 Apr 2016 18:03
    Last Modified: 30 Apr 2016 18:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25573

    Actions (login required)

    View Item