Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT), Numbered Head Together (NHT), dan Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Operasi dan Faktorisasi Bentuk Aljabar ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2014/2015

BUANA, ASIP CAKRA (2016) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT), Numbered Head Together (NHT), dan Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Operasi dan Faktorisasi Bentuk Aljabar ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif TGT, NHT atau PBL dengan pendekatan saintifik, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing-masing kategori aktivitas belajar manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif TGT, NHT, atau PBL dengan pendekatan saintifik, (4) pada masing-masing kategori model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015. Sampel berjumlah 300 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket aktivitas belajar dan tes prestasi belajar matematika. Uji coba instrumen angket meliputi validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi, uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa : (1) prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif TGT, NHT, dan PBL dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya. (2) prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya, (3.a) pada kategori aktivitas belajar tinggi prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif TGT, NHT dan PBL dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya, (3.b) pada kategori aktivitas belajar sedang prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif TGT, NHT, dan PBL dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya, (3.c) pada kategori aktivitas belajar rendah, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif TGT, NHT dan PBL dengan pendekatan saintifik mempumyai prestasi belajar yang sama baiknya. (4.a) pada kategori model pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik, prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya, (4.b) pada kategori model pembelajaran NHT dengan pendekatan saintifik, siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik daripada sedang dan rendah, sedangkan siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya, (4.c) pada kategori model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik, siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya. Kata kunci : Team Games Tournament (TGT), Numbered Head Together (NHT), Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Apr 2016 14:42
    Last Modified: 29 Apr 2016 14:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25562

    Actions (login required)

    View Item