PERBANDINGAN KEAKURATAN PENDUGA RASIO VARIANSI POPULASI MENGGUNAKAN MEDIAN DAN KOEFISIEN VARIASI-MEDIAN VARIABEL BANTU PADA PENGAMBILAN SAMPEL ACAK SEDERHANA

YUNITA, ARY (2016) PERBANDINGAN KEAKURATAN PENDUGA RASIO VARIANSI POPULASI MENGGUNAKAN MEDIAN DAN KOEFISIEN VARIASI-MEDIAN VARIABEL BANTU PADA PENGAMBILAN SAMPEL ACAK SEDERHANA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (220Kb) | Preview

    Abstract

    Penduga rasio baik digunakan untuk menduga variansi populasi jika terdapat korelasi positif antara variabel penelitian (y) dan variabel bantu (x). Adanya penambahan informasi dari variabel bantu seperti koefisien variasi dan median bertujuan untuk meningkatkan keakuratan dari hasil estimasi sehingga nilai rata-rata kuadrat sesatan (RKS) akan menjadi lebih kecil. RKS digunakan untuk membandingkan keakuratan penduga rasio menggunakan median dan penduga rasio menggunakan koefisien variasi-median variabel bantu. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan ulang RKS penduga rasio menggunakan median dan menggunakan koefisien variasi-median variabel bantu kemudian membandingkan keakuratan antara kedua penduga rasio tersebut. Penurunan ulang RKS dari penduga rasio menggunakan pendekatan deret Taylor orde pertama. Penduga rasio yang memiliki nilai RKS lebih kecil adalah penduga rasio yang lebih akurat digunakan dalam menduga variansi. Selanjutnya penduga rasio yang lebih akurat diterapkan pada produksi kacang tanah di Jawa Barat tahun 2013. Pada suatu kondisi dapat ditunjukkan bahwa penduga rasio menggunakan median lebih akurat daripada penduga rasio menggunakan gabungan koefisien variasi dan median. Hasil penerapan menunjukkan bahwa penduga rasio untuk variansi populasi yang lebih akurat adalah penduga rasio menggunakan median variabel bantu. Hasil pendugaan variansi populasi produksi kacang tanah di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2013 dengan menggunakan sampel n= 46 sebesar 37916,54.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Apr 2016 14:30
    Last Modified: 29 Apr 2016 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25561

    Actions (login required)

    View Item