ANALISIS POSTUR TUBUH MITRA KERJA PT. SANKYU INDONESIA INTERNASIONAL PADA AREA PVC WARE HOUSE MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DI PT. ASAHIMAS CHEMICAL CILEGON BANTEN.

AFRIANSAYAH, ARVIN (2016) ANALISIS POSTUR TUBUH MITRA KERJA PT. SANKYU INDONESIA INTERNASIONAL PADA AREA PVC WARE HOUSE MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DI PT. ASAHIMAS CHEMICAL CILEGON BANTEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (303Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Penggunaan tenaga manusia sebagai pekerja sangat banyak terutama pada aktivitas angkat-angkut. Namun, aktivitas tersebut teridentifikasi beresiko tinggi sebagai penyebab utama timbulnya cidera pada otot rangka. Keluhan otot inilah yang biasanya disebut dengan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis postur tubuh mitra kerja PT. SII pada saat aktivitas angkat-angkut sehingga dapat mengetahui ergonomis atau tidak postur tubuh yang dilakukan. Metode : Metodologi penelitian yang digunakan pada kasus ini adalah deskriptif, yaitu memberikan gambaran seutuhnya tentang postur tubuh dari para mitra kerja PT.SII pada aktivitas angkat-angkut (Material Manual Handling) yang dilakukan pada area PVC Ware House. Pengambilan data mengenai postur tubuh ini dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan kemudian dilakukan penilaian berdasarkan metode RULA. Hasil : Hasil yang diperoleh dari postur tubuh dalam aktivitas angkat-angkut yang dilakukan oleh mitra kerja PT. SII pada area PVC Ware House berdasarkan penilaian RULA adalah memperoleh nilai 7 pada tabel grand score. Sehingga perolehan nilai tersebut masuk dalam tabel action level 4 yang menunjukkan bahwa adanya penyelidikan dan perbaikan dibutuhkan sesegera mungkin (mendesak). Simpulan : Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa postur tubuh mitra kerja PT. SII dalam melakukan aktivitas manual handling pada area PVC Ware House di PT. Asahimas Chemical diperlukan adanya penyelidikan dan perbaikan sesegera mungkin (mendesak). Adapun saran perbaikan yang dapat penulis berikan terhadap kasus ini diantaranya mengadakan evaluasi kerja, metode kerja, sikap dan postur tubuh saat bekerja serta mengetahui penyebab terjadinya postur tubuh yang tidak ergonomis agar dapat dilakukan pencegahan dini terhadap kecelakaan kerja. Kata kunci : Postur Tubuh, Rapid Upper Limb Assessment 1. Program Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen Program Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Apr 2016 14:19
    Last Modified: 29 Apr 2016 14:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25560

    Actions (login required)

    View Item