Pembelajaran Guling Depan Menggunakan Bidang Miring Bergaris Lurus Untuk Meningkatkan Hasil belajar Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Pelajaran 2015/2016

WIJAYANTI, DWI (2016) Pembelajaran Guling Depan Menggunakan Bidang Miring Bergaris Lurus Untuk Meningkatkan Hasil belajar Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (698Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Wijayanti. PEMBELAJARAN GULING DEPAN MENGGUNAKAN BIDANG MIRING BERGARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 JATIYOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari.2015.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling depan melalui penerapan bidang miring bergaris lurus pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Guling depan merupakan salah satu materi senam lantai yang diajarkan di sekolah menengah pertama. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelajaran be¬lum terlaksana secara optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar guling depan. Maka perlu adanya media alat bantu pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso yang berjumlah 30 Siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerpan bidang miring bergaris lurus dapat meningkatkan hasil belajar guling depan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar guling depan pada Siklus I dari 30 siswa mencapai 73,33% atau sebanyak 22 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 83,33% atau sebanyak 25 siswa masuk kriteria tuntas sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan bidang miring bergaris lurus dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci :Hasil belajar, Guling depan, Bidang Miring

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 29 Apr 2016 10:13
    Last Modified: 29 Apr 2016 10:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25550

    Actions (login required)

    View Item