Pengaruh Kepuasan Komunikasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Analisis Jalur (Studi di Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen Tahun 2015)

YULINAR, DIAN (2016) Pengaruh Kepuasan Komunikasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Analisis Jalur (Studi di Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen Tahun 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (497Kb) | Preview

    Abstract

    Kinerja pegawai merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh langsung kepuasan komunikasi terhadap kepuasan kerja, (2) pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, (3) pengaruh langsung kepuasan komunikasi terhadap kinerja pegawai dan (4) pengaruh tidak langsung kepuasan komunikasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja di Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen. Riset ini mengajukan empat buah Hipotesis yaitu H1: kepuasan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan kerja, H2 : kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja, H3 : kepuasan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja, H4: kepuasan komunikasi berpengaruh secara secara tidak langsung terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah pegawai pelaksana di Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sejumlah 191 pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Validitas data menggunakan uji Product Moment dan uji reliabilitas dengan uji Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung kepuasan komunikasi terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 0,538, pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 0,606, pengaruh langsung kepuasan komunikasi terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 0,449 dan pengaruh tidak langsung kepuasan komunikasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebesar 0,326. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa empat hipotesis yang diajukan dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Dapat disimpulkan pula variabel kepuasan kerja mampu beroperasi sebagai variabel mediasi antara variabel kepuasan komunikasi dan kinerja. Kata kunci : kepuasan komunikasi, kepuasan kerja dan kinerja pegawai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 28 Apr 2016 11:14
    Last Modified: 28 Apr 2016 11:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25543

    Actions (login required)

    View Item