KAJIAN YURIDIS PEMBAJAKAN KARYA DI BIDANG HAK CIPTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta)

DANIA, (2016) KAJIAN YURIDIS PEMBAJAKAN KARYA DI BIDANG HAK CIPTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (802Kb) | Preview

    Abstract

    Dania. 2015. E0011074. KAJIAN YURIDIS PEMBAJAKAN KARYA DI BIDANG HAK CIPTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM(Studi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini mendekripsikan dan mengkaji permasalahan mengenai konsep pembajakan karya-karya di bidang hak cipta dalam perspektif hukum Islam dengan menggunakan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta sebagai fokus studinya. Guna menjawab rumusan masalah penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Jenis data meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengkaji Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan sumber hukum Islam . Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deduksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan, terkait dengan konsep pembajakan terhadap karya-karya di bidang hak cipta menurut hukum Islam berdasarkan metode qiyas menghasilkan suatu kesimpulan bahwa perbuatan tersebut berstatus hukum haram dan harus dijauhi dengan alasan jika hak cipta dalam hukum Islam dikategorikan sebagai bentuk harta seseorang dan apabila haknya diambil maka disamakan statusnya dengan mencuri. Mengenai sanksi yang diterapkan kepada pelaku pembajakan dalam hukum Islam seharusnya mendapat hukuman had atau potong tangan berdasarkan aturan dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 38, namun karena sistem hukum di Indonesia tidak menggunakan hukum Islam maka masuk kedalam ranah ta’zir dimana segala ketentuan atas sanksi ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini aturan dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Kata Kunci : Pembajakan, Hak Cipta, Qiyas, Had, Ta’zir.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 27 Apr 2016 11:30
    Last Modified: 27 Apr 2016 11:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25526

    Actions (login required)

    View Item