EVALUASI PENGUKURAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX, BINA MARGA DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX

PARAMAARTHA S, DENDY (2016) EVALUASI PENGUKURAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX, BINA MARGA DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (96Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang: Ruas jalan Palur-Sragen-Mantingan termasuk jalan nasional dan berfungsi sebagai jalan arteri, panjang jalan 43,00 Km merupakan bagian dari jalur tengah Pulau Jawa yang menghubungkan kota-kota penting di Pulau Jawa. Kerusakan-kerusakan sering terjadi di jalan Palur-Sragen-Mantingan tentu akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pemakai jalan. Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan jenis program evaluasi yang perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi jalan dengan tiga metode dan hubungan kedekatan antara ketiga metode. Metode: Jenis penelitian ini deskriptif yaitu dengan melakukan perbandingan data penilaian kondisi jalan dengan tiga metode untuk menganalisa hasil penilaian kondisi jalan antara Tahun 2011–2013. Hasil penilaian kondisi jalan dengan metode International Roughness Index, Pavement Condition Index dan Bina Marga hubungan kedekatan antara metode diperoleh dari analisa korelasi pearson. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier antara kedua metode IRI dan PCI menunjukkan nilai PCI=6,967+9,319 IRI artinya terjadi hubungan positif antara kedua metode dan nilai r yaitu 0,916 menunjukkan adanya kedekatan yang sangat erat antara kedua metode. Metode IRI dan Bina Marga menunjukkan nilai Bina Marga=1,295-1,737 IRI artinya terjadi hubungan negatif antara kedua metode dan nilai r yaitu 0,702 menunjukkan adanya kedekatan cukup erat antara kedua metode. Metode PCI dan Bina Marga menunjukkan nilai Bina Marga=0,943+0,753 PCI artinya terjadi hubungan positif antara kedua metode dan nilai r yaitu 0,921 menunjukkan kedekatan yang sangat erat antara kedua metode. Berdasarkan penilaian kondisi dari ketiga metode, hasil perhitungan dengan metode IRI dan PCI kemudian PCI dan Bina Marga mempunyai kedekatan yang sangat erat. Kata kunci: Penilaian kondisi, PCI, IRI, Bina Marga.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 27 Apr 2016 10:03
    Last Modified: 27 Apr 2016 10:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25523

    Actions (login required)

    View Item