AKTIVITAS PROMOSI KARTU TELEPON SELULER LOOP (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Promosi PT. Telkomsel dalam Memasarkan LOOP sebagai Kartu Telepon Seluler Baru Tahun 2015 di Surakarta)

YUNI ASTUTIK, ERLINA (2016) AKTIVITAS PROMOSI KARTU TELEPON SELULER LOOP (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Promosi PT. Telkomsel dalam Memasarkan LOOP sebagai Kartu Telepon Seluler Baru Tahun 2015 di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (712Kb) | Preview

    Abstract

    ERLINA YUNI ASTUTIK, D0210039, AKTIVITAS PROMOSI KARTU TELEPON SELULER LOOP (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Promosi PT. Telkomsel dalam Memasarkan LOOP sebagai Kartu Telepon Seluler Baru Tahun 2015 di Surakarta), Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2016. Kemajuan teknologi menuntut banyak perusahaan untuk mengembangkan produknya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Seperti halnya Telkomsel, dengan melihat kebiasaan masyarakat terutama anak muda yang sering beraktivitas di media sosial membuat Telkomsel menciptakan LOOP sebagai produk kartu telepon seluler baru. Sebagai industri pertelekomunikasian yang dikenal memiliki jaringan yang luas, dan produknya dianggap banyak dipakai untuk kalangan dewasa, Telkomsel mencoba menciptakan produk terbaru dengan menyasar target pasar anak muda dengan usia 12 – 19 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas promosi yang digunakan oleh Telkomsel dalam memasarkan LOOP di Kota Surakarta. Mulai dari penentuan target market sampai proses penerapan bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, acara khusus dan pengalaman atau sponsorship, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, penjualan tatap muka, pemasaran dari mulut ke mulut. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, metode ini bertujuan untuk memaparkan situasi atau peristiwa dan menggambarkan keadaan atau fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Peneliti menarik sejumlah narasumber untuk menjadi responden, penarikan responden ini didasarkan pada teknik purposive sampling. yakni melakukan wawancara terhadap seseorang yang dianggap mampu dan mengetahui tujuan penelitian. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara terhadap Supervisor dan Staff Divisi Youth and Community, dan juga pengguna LOOP. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas promosi yang digunakan Telkomsel branch Solo dalam memasarkan LOOP di Surakarta adalah melalui kegiatan periklanan (media lini bawah), personal selling, dan word of mouth marketing. Karena pada elemen seperti periklanan (media lini atas), promosi penjualan, event marketing dan sponsorship strateginya sudah ditetapkan secara terpusat oleh Kantor Telkomsel Pusat. Sehingga Telkomsel branch Solo hanya meneruskan konsep tersebut untuk dilaksanakan secara lokal. Kata Kunci : promosi, bauran promosi, kartu telepon seluler baru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 27 Apr 2016 09:43
    Last Modified: 27 Apr 2016 09:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25521

    Actions (login required)

    View Item