TINGKAT PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN DITINJAU DARI KUALITAS LINGKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TECTONA S, CITRA (2016) TINGKAT PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN DITINJAU DARI KUALITAS LINGKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (186Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Citra Tectona Suryawati. Tingkat Pencapaian Tugas-Tugas Perkembangan ditinjau dari Kualitas Lingkungan Sosial Teman Sebaya (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa. (2) kualitas lingkungan sosial teman sebaya siswa. (3) kontribusi kualitas lingkungan sosial teman sebaya tersebut terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 140 siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dan Angket. Uji validitas pada ITP dihitung dengan korelasi product moment, sedangkan untuk angket menggunakan Microsoft excel. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan t-tes yang kemudian diuji menggunakan uji satu fihak (One Tail Test). Adapun untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 20. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yaitu memiliki rata-rata skor yang tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan kualitas lingkungan sosial teman sebaya siswa tersebut memiliki rata-rata skor yang termasuk dalam kategori sedang pula. Berdasarkan penghitungan regresi, kualitas lingkungan sosial teman sebaya berkontribusi terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 7,6%. Kata Kunci : tugas - tugas perkembangan, lingkungan teman sebaya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 25 Apr 2016 20:28
    Last Modified: 25 Apr 2016 20:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25514

    Actions (login required)

    View Item