KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA

MUFARRIHAH, IFTITAAHUL (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (408Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pokok kesebangunan berdasarkan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 8 orang siswa kelas IXB SMPN 1 Gondangwetan Pasuruan, yang terdiri dari 2 orang siswa untuk masing-masing tipe kepribadian. Prosedur pemilihan subjek dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) mengelompokkan data dalam 4 kategori: (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melaksanakan rencana, (d) melihat kembali, yang kemudian dibandingkan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis , (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, (3) menyimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada masing-masing tipe kepribadian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada tiap tipe kepribadian berbeda. (1) pada siswa dengan tipe kepribadian guardian : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, (d) siswa mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan menyebutkan terdapat alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan. (2) pada siswa dengan tipe kepribadian artisan : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, (d) siswa mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan menyebutkan terdapat alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan. (3) pada siswa dengan tipe kepribadian rational : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide namun tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian yang telah dibuat, (d) siswa tidak mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan tidak mampu menyebutkan alternatif lain yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan. (4) pada siswa dengan tipe kepribadian idealist : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide namun tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian yang telah dibuat, (d) siswa tidak mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan tidak mampu menyebutkan alternatif lain yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 25 Apr 2016 13:46
    Last Modified: 25 Apr 2016 13:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25497

    Actions (login required)

    View Item