Strategi Media Relations Humas Lembaga Negara (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Hupmas KPU Kota Surakarta dalam Menjalin Hubungan dengan Media Massa Lokal terkait dengan Pelaksanaan Pilkada Kota Surakarta Tahun 2015)

Dewi, Fina Ratnasari (2016) Strategi Media Relations Humas Lembaga Negara (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Hupmas KPU Kota Surakarta dalam Menjalin Hubungan dengan Media Massa Lokal terkait dengan Pelaksanaan Pilkada Kota Surakarta Tahun 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (523Kb) | Preview

    Abstract

    Fina Ratnasari Dewi, D1213030, Strategi Media Relations Humas Lembaga Negara (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Hupmas KPU Kota Surakarta dalam Menjalin Hubungan dengan Media Massa Lokal terkait dengan Pelaksanaan Pilkada Kota Surakarta Tahun 2015), Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016. Terkait dengan pelaksanaan Pilkada Kota Surakarta tahun 2015, KPU Kota Surakarta memerlukan bantuan media massa lokal untuk melaksanakan kegiatan penyebaran informasi, sosialisasi pemilu, dan pendidikan pemilih. Media massa memiliki kekuatan untuk menjangkau masyarakat pemilih Kota Surakarta yang berjumlah 399.915 orang. Oleh karena itu, KPU Kota Surakarta merasa perlu untuk menjalin hubungan harmonis dengan media massa lokal di Kota Surakarta melalui kegiatan media relations yang dijalankan oleh Bagian Teknis Pemilu dan Hupmas bersama dengan seluruh jajaran komisioner. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan media relations KPU Kota Surakarta khususnya terkait dengan pelaksanaan Pilkada Kota Surakarta tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berarti peneliti mendeskripsikan semua kegiatan media relations serta strategi yang digunakan berdasarkan fakta dan data yang telah dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa KPU Kota Surakarta telah melaksanakan beberapa bentuk kegiatan media relations. Kegiatan media relations KPU Kota Surakarta bukan hanya menjadi tanggung jawab Hupmas saja, tetapi juga komisioner sebagai perencana kegiatan. Hubungan antara lembaga dengan wartawan media massa lokal saat ini dapat dikatakan harmonis. Adapun strategi media relations yang diterapkan KPU Kota Surakarta antara lain: (1) mendefinisikan permasalahan, (2) perencanaan, (3) implementasi, dan (4) evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum, kegiatan media relations KPU Kota Surakarta sudah sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh para pakar kehumasan. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, misalnya terkait dengan penulisan press release yang kurang sesuai dengan aturan pembuatan press release. Kata kunci : Humas Pemerintah, KPU Kota Surakarta, Media Massa Lokal, Media Relations, Pilkada Kota Surakarta Tahun 2015

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 25 Apr 2016 10:59
    Last Modified: 25 Apr 2016 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25492

    Actions (login required)

    View Item