INTEGRASI NILAI-NILAI PATRIOTISME SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

RIFKI ZULKARNAIN, Ahmad (2016) INTEGRASI NILAI-NILAI PATRIOTISME SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (808Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ahmad Rifki Zulkarnain. S861408001. 2016. Integrasi Nilai-Nilai Patriotisme Sultan Mahmud Badarudin II Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Tesis. Pembimbing I: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Djono, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pudarnya nilai-nilai patriotisme siswa karena tidak mengenal sosok biografi dan perjuangan pahlawan lokal yang berada dilingkungan siswa. Kebanyakan siswa hanya mempelajari sosok pahlawan dari luar Pulau Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai patriotisme melalui kajian biografi Sultan Mahmud Badaruddin II di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan nilai-nilai patriotisme melalui kajian biografi Sultan Mahmud Badaruddin II di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam mengintegrasikan nilai-niai patriotisme dalam pembelajaran sejarah dan cara mengatasinya di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (4) Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan nilai-nilai patriotisme terhadap siswa di SMA Muhammadiyah 1 palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan pencatatan dokumen arsip. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan (1) Sebagai tahap awal kegiatan persiapan pembelajaran yang meliputi mempersiapkan alat evaluasi, metode pembelajaran, media pembelajaran, menyusun silabus, menyusun RPP, membaca buku/materi yang akan diajarkan, (2) Pada proses pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab serta menggunakan media infokus dan buku-buku yang relevan. menerapkan pembelajaran sejarah dengan mengkaitkan peristiwa-peristiwa sejarah Sultan Mahmud Badaruddin II, (3) Hambatan yang ditemui adalah keterbatasan buku bacaan, interpretasi siswa yang keliru dalam pemahaman materi karena kebiasaan siswa selalu menggunakan bahasa daerah, (4) Menumbuhkan perasaan memiliki terhadap sejarah lokal yang ada di kota Palembang, ikut serta merawat peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di kota Palembang. Kata Kunci : Nilai-nilai Patriotisme, Biografi Sultan Mahmud Badaruddin II, Pembelajaran Sejarah. ABSTRACT Ahmad Rifki Zulkarnain. S861408001. 2016. Integration of Patriotism Values Sultan Mahmud Badarudin II In Teaching History In SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Thesis. Supervisor I: Dr. Nunuk Suryani, Pd, Supervisor II: Dr. Djono, M.Pd. Program Study Master of History Education, Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University Surakarta. Fading values of patriotism students because they do not recognize the figure of biography and struggle of local hero who is the student environment. Most students only learn the hero from outside South of Sumatra Island. The purpose of this research are: (1) To determine the planning of the teachers in integrating the values of patriotism through the study of biographies of Sultan Mahmud Badaruddin II in SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (2) To know the implementation of the teaching of history that integrates the values of patriotism through the study of biography Sultan Mahmud Badaruddin II in SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (3) to know the obstacles encountered in integrating values of patriotism in history and how to cope in SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (4) to know the results of the study of history by integrating the values patriotism on students at SMA Muhammadiyah 1 palembang. This research used a qualitative approach with descriptive qualitative method. Research data collection techniques used in this research was interviews, observation, and recording of archival documents. Data validation is done by triangulation of data sources and the triangulation method. The data analysis technique is used the model of interactive analysis, namely data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of research showed the conclusions (1) In the early stages of preparatory activities of learning which includes preparing an evaluation tool, teaching methods, instructional media, to create a syllabus, preparing lesson plans, reading books/material that will be taught, (2) In the process of learning, the teacher using the lecture method and question and answer as well as by using the media in focus and relevant books. Applying the learning history by linking the historical events of Sultan Mahmud Badaruddin II, (3) Obstacles encountered is the limited book reading, interpretation students who err in understanding the material as a student habit is always using the local language, (4) Fostering a sense of belonging to the local history in Palembang, participated care for historical relics in the city of Palembang. Keywords: Values Patriotism, Biography Sultan Mahmud Badaruddin II, Teaching History.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: fauzi ahmad
    Date Deposited: 24 Apr 2016 15:35
    Last Modified: 24 Apr 2016 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25462

    Actions (login required)

    View Item