STUDI KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DAN POWER POINTSERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TIA F., GALUH (2016) STUDI KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DAN POWER POINTSERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (650Kb) | Preview

    Abstract

    Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa(2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Adapun penelitian dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan bentuk penelitian semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis variansi 1 jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan antara penggunaan media Macromedia Flash dan media Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata-rata kelas Macromedia Flash sebesar 89.000 dan rata-rata kelas Power Point sebesar 80.484, dan dari hasil Uji – t yang memperoleh t sebesar-4.634 dengan tingkat signifikansi ρ yaitu 0.000 (sangatsignifikan). (2) Ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan harga F sebesar 21.476 dengan tingkat signifikansi 0.000 (sangat signifikan). (3) Besar pengaruh penggunaan media Macromedia Flash dan media Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta sebesar 27%. Kesimpulan penelitian adalah ada perbedaan penggunaan media Macromedia Flash dan media Power Point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta. Nilai rata-rata kelas Macromedia Flash lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas Power Point. Media belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 27% sedangkan 73% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Hasil belajar sosiologi, media Macromedia Flash, media Power Point

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 24 Apr 2016 09:41
    Last Modified: 24 Apr 2016 09:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25455

    Actions (login required)

    View Item