KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI

ASRIANI D., FITRIA (2016) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (103Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini adalah penelitian terhadap novel Pasung Jiwa yang dikaji dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra, nilai-nilai pendidikan karakter, serta relevansinya dengan pembelajaran sastra Indonesia di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) latar belakang penciptaan novel Pasung Jiwa; (2) struktur intrinsik dalam novel Pasung Jiwa; (3) aspek kejiwaan yang dialami para tokoh dalam novel Pasung Jiwa; (4) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Pasung Jiwa; dan (5) relevansi novel Pasung Jiwa dalam pembelajaran sastra Indonesia di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian berupa dokumen novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari dan sumber data sekunder dari artikel dan jurnal. Teknik cuplikan yang digunakan ialah purpose sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumen, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis yang digunakan adalah interaktif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menyimpulkan (1) latar belakang penciptaan oleh penulis novel Pasung Jiwa merupakan latar belakang sejarah dan psikologi pengarang; (2) unsur intrinsik yang ada pada novel Pasung Jiwa , yaitu tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat; (3) aspek kejiwaan para tokoh novel Pasung Jiwa terdiri atas struktur kepribadian, dinamika kepribadian, dan mekanisme pertahanan; (4) terdapat lima nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Pasung Jiwa, yaitu toleransi, kerja keras, demokrasi, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (5) novel Pasung Jiwa bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran di semua mata kuliah sastra baik sebagai bahan bacaan sastra, maupun sebagai objek kajian sastra. Kata kunci: novel, aspek kejiwaan, pendidikan karakter, dan relevansi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 24 Apr 2016 09:01
    Last Modified: 24 Apr 2016 09:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25454

    Actions (login required)

    View Item