PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KAWASAN SOLO RAYA TAHUN 2009-2014 (PENDEKATAN MODEL DATA PANEL DINAMIS)

ANGGADHA R., FERNALDI (2016) PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KAWASAN SOLO RAYA TAHUN 2009-2014 (PENDEKATAN MODEL DATA PANEL DINAMIS). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (454Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah daerah dalam bentuk Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung terhadap Pertumbuhan Ekonomi di kawasan Solo Raya periode tahun 2009 – 2014. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi model dinamis autoregressive distributed-lag dengan asumsi bahwa pertumbuhan ekonomi suatu individu pada tahun tersebut dipengaruhi oleh belanja langsung dan belanja tidak langsung pada tahun tersebut, belanja langsung dan belanja tidak langsung satu tahun sebelumnya, belanja langsung dan belanja tidak langsung dua tahun sebelumnya, dan juga pertumbuhan ekonomi satu tahun sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi di kawasan Solo Raya dipengaruhi oleh Belanja Tidak Langsung dan Belanja Langsung Pemerintah Kabupaten/ Kota, serta Pertumbuhan Ekonomi pada tahun sebelumnya. Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung satu tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi tahun ini, sedangkan Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung tahun ini dan dua tahun sebelumnya berpengaruh negatif terhadap Pertumbuhan Ekonomi tahun ini. Oleh karena itu, saran yang direkomendasikan kepada pemerintah adalah hendaknya pemerintah lebih cermat memperhitungkan besarnya pengeluaran pemerintah untuk dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Pemerintah juga diharapkan untuk lebih aktif dalam hal memantau dan memperhitungkan dana/ anggaran pendapatan dan belanja negara supaya pengalokasiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah di seluruh Indonesia dengan memaksimalkan juga pengalokasian dana anggaran untuk faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Langsung, Belanja Tidak Langsung, Model Dinamis Autoregressive Distributed-Lag

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 24 Apr 2016 00:13
    Last Modified: 24 Apr 2016 00:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25453

    Actions (login required)

    View Item