PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

FITRIYANI, ANTIN (2016) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (20Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai 2014. Variabel yang digunakan adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR), Firm Size (Ukuran Perusahaan). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling selama kurun waktu penelitian tahun 2012 sampai 2014. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2015). Dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi. Berdasarkan karakteristik keseluruhan data, tidak terjadi penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari CAR, NPL, ROA, LDR, dan FIRM SIZE tahun 2012-2014 secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham. Adapun secara parsial, variabel ROA berpengaruh signifikan positif. Sedangkan variabel CAR, NPL, LDR dan FIRM SIZE berpengaruh signifikan negatif terhadap harga saham. Hasil uji R square pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CAR, NPL, ROA, LDR, dan FIRM SIZE memiliki pengaruh 20,7% terhadap harga saham. Kata Kunci : CAR, NPL, ROA, LDR, Firm Size, Harga Saham.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 23 Apr 2016 15:52
    Last Modified: 23 Apr 2016 15:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25448

    Actions (login required)

    View Item