PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS FOTO JEJAK KOLONIALISME DI EKS-KARESIDENAN BESUKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SEJARAH DI SMP NEGERI 1 AMBULU KABUPATEN JEMBER

Seventiano, Octo (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS FOTO JEJAK KOLONIALISME DI EKS-KARESIDENAN BESUKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SEJARAH DI SMP NEGERI 1 AMBULU KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (216Kb) | Preview

    Abstract

    Octo Seventiano. S861408040. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Foto Jejak Kolonialisme di Eks-Karesidenan Besuki Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Sejarah di SMP Negeri Ambulu Kabupaten Jember. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Warto, M.Hum. Pembimbing II: Dr. Leo Agung S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui media pembelajaran IPS yang digunakan di SMP Negeri Ambulu sebelum menggunakan media foto, (2) mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis foto jejak kolonialisme untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi sejarah di SMP Negeri Ambulu, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran IPS berbasis foto jejak kolonialisme di SMP Negeri Ambulu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan tes prestasi (pre-test, post-test). Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) membuat desain media, (3) mengembangkan media, (4) mengimplementasikan media pembelajaran di kelas, (5) melakukan evaluasi. Uji efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan dengan studi eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang digunakan sebelum penggunaan media foto di SMP Negeri Ambulu terdapat beberapa jenis, namun yang sering digunakan adalah buku (LKS, paket). Penggunaan media-media tersebut masih kurang membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi. (2) Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis foto jejak kolonialisme menghasilkan media berupa kumpulan foto-foto dalam bentuk buku. Media tersebut dapat membantu peserta didik dalam mengimajinasikan ide-ide untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. (3) Hasil tes prestasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh telah mencapai KKM 75, yaitu 82,72. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil post-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji-T. Sedangkan hasil narasi yang ditulis peserta didik kelas eksperimen lebih memenuhi kriteria penulisan yang telah ditentukan dengan nilai rata-rata 70,4. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis foto jejak kolonialisme efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan menulis narasi sejarah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Ambulu Kabupaten Jember. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran IPS, Foto, Keterampilan Menulis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 23 Apr 2016 15:09
    Last Modified: 23 Apr 2016 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25447

    Actions (login required)

    View Item