Pemodelan pemilihan moda angkutan bus dan kereta api jurusan Solo-Yogyakarta dengan TEKNIK STATED PREFERENCE

Kurniawan, Yusuf Adi (2010) Pemodelan pemilihan moda angkutan bus dan kereta api jurusan Solo-Yogyakarta dengan TEKNIK STATED PREFERENCE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2329Kb)

    Abstract

    Seiring dengan meningkatnya intensitas penduduk dalam memenuhi kebutuhannya akan barang atau jasa, permintaan akan jasa angkutan khususnya jasa angkutan umum antar kota semakin diperlukan. Selain itu ditunjang dengan tersedianya jaringan jalan raya yang memadai khususnya di pulau Jawa perusahaan jasa angkutan umum mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Namun keadaan ekonomi yang sekarang ini tidak menentu serta tingginya biaya operasional maka perusahaan angkutan umum terpaksa menaikkan tarif. Namun untuk dapat bersaing dengan perusahaan angkutan umum lain, kualitas pelayanan harus ditingkatkan agar pangsa pasar dapat dipertahankan. Perilaku pengguna jasa angkutan umum dalam memilih moda angkutan secara umum ditentukan oleh 3 (tiga) faktor yaitu : karakteristik perjalanan, karakteristik pelaku perjalanan, dan karakteristik sistem transportasi. Karakteristik perjalanan meliputi: jarak dan maksud perjalanan, sedangkan karakteristik pelaku perjalanan antara lain: tingkat pendapatan, kepemilikan kendaraan, dan pekerjaan. Karakteristik sistem transportasi meliputi: waktu perjalanan relatif, biaya perjalanan relatif dan tingkat pelayanan relatif. Jika ditinjau dari sisi penyedia trasportasi, perilaku pemilihan moda angkutan dapat dipengaruhi dengan adanya perubahan karakteristik sistem transportasi. Mobilitas penduduk kota Surakarta dengan tujuan Yogyakarta semakin meningkat. Hal ini disebabkan antara lain banyaknya pekerja, hubungan sosial seperti pendidikan dan perdagangan antara kedua kota dan merupakan daerah tujuan wisata budaya maupun belanja. Saat ini sudah banyak angkutan umum yang tersedia baik darat berupa bus dan kereta api maupun angkutan udara. Moda angkutan bus dan kereta api tersedia dengan kelas layanan ekonomi, bisnis dan eksekutif. Semakin tingginya kebutuhan akan jasa transportasi maka pengguna jasa transoprtasi akan semakin selektif dalam memilih moda mana yang paling menguntungkan yang digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan. Tingkat pelayanan, tariff, waktu perjalanan, kenyamanan merupakan salah satu aspek penting bagi konsumen dalam menentukan pilihan moda mana yang akan dipakai. Hal ini perlu mendapat perhatian dari pemilik jasa transportasi dalam persaingan usaha di bidang transportasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Users 845 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 16:22
    Last Modified: 12 Jul 2013 16:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2544

    Actions (login required)

    View Item