EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PAJAK HIBURAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURAKARTA (Pengayaan Materi Mata Pelajaran Perpajakan Di SMK)

DWI PUSTIKASARI, YUNITA (2016) EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PAJAK HIBURAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURAKARTA (Pengayaan Materi Mata Pelajaran Perpajakan Di SMK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (300Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pajak hiburan dan kontribusinya terhadap peningkatan pendapatan asli daerah kota Surakarta sebagai bahan pengayaan materi mata pelajaran perpajakan di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (sampling bertujuan),sampel yang diambil tidak ditekankan pada jumlah, melainkan lebih ditekankan pada kekayaan informasi yang dimiliki anggota sampel sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan model interaktif dari jawaban-jawaban ” mengapa” dan “bagaimana”. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) sistem pengelolaan pajak hiburan di kota Surakarta menggunakan Self Assesment System yaitu wajib pajak menentukan besarnya pajak terutang sendiri, menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri pajak terutang kepada DPPKA.(2) hambatan dalam pemungutan pajak hiburan yaitu kurangnya sumber daya manusia (SDM pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pada masing-masing Kecamatan tempat pemungutan pajak hiburan dan masih kurangnya kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak hiburan. (3) upaya yang dilakukan Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset (DPPKA) Surakarta untuk meningkatan penerimaan pajak hiburan dengan tindakan intensifikasi dan ekstensifikasi. (4) penerimaan pajak hiburan sudah termasuk dalam kriteria efektif dengan tingkat efektivitas rata-rata tiap tahun diatas 100% dan tingkat efisiensi rata-rata tiap tahunnya kurang dari 60% serta kontribusi pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah tiap tahunnya meningkat. (5) kesesuaian materi pajak hiburan dengan materi pelajaran perpajakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bahwa materi pajak hiburan akan lebih baik digunakan sebagai materi pengayaan pada mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Pajak Hiburan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 22 Apr 2016 17:23
    Last Modified: 22 Apr 2016 17:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25429

    Actions (login required)

    View Item