INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PT. DBL INDONESIA (Studi tentang Implementasi Integrated Marketing Communications dalam Komunikasi Pemasaran PT. DBL Indonesia 2014)

Rhistra Andretti, Yosephin (2016) INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PT. DBL INDONESIA (Studi tentang Implementasi Integrated Marketing Communications dalam Komunikasi Pemasaran PT. DBL Indonesia 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (483Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam sebuah perusahaan, faktor kreativitas penting untuk dikembangkan, baik dari sisi proses bisnis maupun produknya. PT. DBL Indonesia layak menjadi pemenang Most Creative Company 2015. Pasalnya tim DBL Indonesia telah mampu menghidupkan olahraga basket di tanah air. Dahulu visi utama DBL hanya menyelenggarakan kompetisi yang baik untuk anak muda dan mengajarkan profesionalisme kepada anak-anak muda sejak kecil. Namun sekarang DBL telah berkembang menjadi perusahaan yang cukup besar dengan 120 karyawan. PT. DBL Indonesia disejajarkan dengan perusahaan besar seperti Astra Daihatsu Motor (ADM), Gajah Tunggal, dan Kinocare, yang juga memenangi penghargaan 25 Perusahaan Paling Kreatif Indonesia. Pemilihan strategi komunikasi pemasaran PT. DBL Indonesia tepat untuk membangun serta mengembangkan brand-nya sehingga brand equity lebih cepat terbangun. Penelitian ini dilakukan di PT. DBL Indonesia, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana PT. DBL Indonesia mengimplementasikan Integrated Marketing Communications (IMC) dalam komunikasi pemasarannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penarikan sampel dilakukan peneliti dengan menggunakan purposive sampling. Data diperoleh peneliti dengan melakukan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lima bauran promosi yang diimplementasikan PT. DBL Indonesia sebagai kegiatan komunikasi pemasarannya yaitu: (1) public relations yang terdiri atas kegiatan komunikasi digital dan non digital; (2) sales promotions dengan berbagai kegiatan meliputi talkshow radio, talkshow televisi lokal, ticket box, personal agent, invitation, konvoi, lotere atau undian, kupon, kontes atau game, dan entertainment; (3) personal selling dalam bazaar atau pekan raya; (4) advertising melalui media cetak, media luar ruang, media elektronik, dan internet; (5) direct marketing melalui kegiatan roadshow, livestream, dan supporting event. Kata kunci: komunikasi pemasaran, IMC

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 22 Apr 2016 17:07
    Last Modified: 22 Apr 2016 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25428

    Actions (login required)

    View Item