PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014-2015

SULISTYANINGSIH, YAYUK (2016) PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (399Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian: 1) Untuk meningkatkan motivasi berprestasi fisika dengan menggunakan metode diskusi demonstrasi materi fluida statis pada siswa kelas XI IPA3 semester genap SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/2015, 2) Untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan metode diskusi demonstrasi materi fluida statis pada siswa kelas XI IPA3 semester genap SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar fisika digunakan metode diskusi demonstrasi dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus ,hal ini agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus, dalam hal motivasi berprestasi dan hasil belajar Fisika materi Fluida Statis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Kota Madiun, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, .hasil belajar fisika materi fluida statis siswa kelas XI IPA3 semester genap SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I dengen penerapan metode diskusi dan demonstrasi nilai rata-rata kognitif yang diperoleh sebesar 75.9. Hal ini belum sesuai dengan target indikator yang ingin dicapai sebesar 78. Pada siklus II semua kelemahankelemahan diperbaiki sehingga nilai rata-rata kognitif siswa meningkat sebesar 84.3. Pencapaian nilai pada siklus II lebih besar dari pada siklus I, sehingga ada peningkatan , besar nilai rata-rata siklus II sudah memenuhi target yang ingin dicapai yaitu sebesar 78. Rata-rata motivasi awal 72,7 meningkat menjadi 82 dari target yang harus dicapai untuk motivasi 80. Kata kunci: PTK, Metode Diskusi Demonstrasi, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 22 Apr 2016 16:55
    Last Modified: 22 Apr 2016 16:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25424

    Actions (login required)

    View Item