PENAMBAHAN DAN PENGURANGAN SERTA AKURASI PADA TERJEMAHAN CERPEN HĀDZA AL-YAUMU SAYAJĪ’U DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN YĀ MAN KUNTA CHABĪBY

FAHIMUDDIN, M. NAUFAL (2016) PENAMBAHAN DAN PENGURANGAN SERTA AKURASI PADA TERJEMAHAN CERPEN HĀDZA AL-YAUMU SAYAJĪ’U DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN YĀ MAN KUNTA CHABĪBY. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (723Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini membahas: (1) Apa saja bentuk penambahan dan pengurangan dalam terjemahan cerpen hādza al-yaumu sayajī’u dalam buku kumpulan cerpen yā man kunta chabīby ke dalam bahasa Indonesia (2) Bagaimana keakuratan dari hasil terjemahan cerpen hādza al-yaumu sayajī’u dalam buku kumpulan cerpen yā man kunta chabīby ke dalam bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan bentuk penambahan dan pengurangan pada bentuk terjemahan lalu mendeskripsikan penilaian keakuratan hasil terjemahan cerpen hādza al-yaumu sayajī’u dalam buku kumpulan cerpen yā man kunta chabīby ke dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan:Pertama, dari data yang berjumlah 70 data dibagi ke dalam 3 kategori yaitu, penambahan, pengurangan dan penambahan dan pengurangan. Kedua, dari ketiga kategori tersebut dibagi lagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jumlah data masingmasing berupa kata, frasa, klausa. Ketiga, bentuk penambahan dan pengurangan dalam terjemahan merupakan hal yang pasti dalam penerjemahan. Keempat, penilaian keakuratan yaitu ketersampaian pesan secara sempurna dari bahasa sumber (Bsu) ke bahasa sasaran (Bsa) dapat menunjukan kualitas hasil terjemahan dengan cara melihat fenomena penambahan dan pengurangan yang terjadi pada proses penerjemahan sehingga pesan yang terkandung pada bahasa sumbernya bisa tersampaikan atau tidak kepada pembaca hasil terjemahan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 22 Apr 2016 14:06
    Last Modified: 22 Apr 2016 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25413

    Actions (login required)

    View Item