PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI IIS3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA

NUR KHASANAH, TINA (2016) PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI IIS3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (241Kb) | Preview

    Abstract

    Tina Nur Khasanah. K4311077. PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI IIS3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan sebagai indikator kemampuan berpikir peserta didik kelas XI IIS3 SMA negeri 6 Surakarta melalui model Discovery Learning pada materi Sistem Reproduksi Manusia. Hasil observasi Pra-siklus menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan berjumlah empat buah. Kualitas pertanyaan berada pada tingkatan berpikir C2, sedangkan berdasarkan dimensi pengetahuan berada pada dimensi pengetahuan Conceptual. Mayoritas kemapuan berpikir peserta didik tergolong LOTS (Low Order Thingking Skill), sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan berpikir peserta didik ditinjau dari pertanyaan ditingkakan melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama empat siklus. Penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data metode, sedangkan analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang bervariasi di setiap siklus tindakan. Pertanyaan dengan kualitas tingkat pengetahuan kognitif C4 yang diajukan peserta didik pada tindakan Siklus I ada 21 pertanyaan, pertanyaan dengan kualitas tingkat pengetahuan kognitif C5 ada 7 pertanyaan. Tidakan Siklus II C4 ada 18 pertanyaan dan C5 ada 2 pertanyaan. Tindakan Siklkus III C4 ada 28 pertanyaan dan C5 ada 7 pertanyaan. tindakan Siklus IV C4 ada 15 pertanyaan dan C5 ada 9 pertanyaan. Kualitas pertanyaan tersebar di seluruh dimensi pengethuan, Factual, Conceptual, Procedural, dan Metacognitif. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model Discovery Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis ditinjau dari pertanyaan peserta didik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fauzi ahmad
    Date Deposited: 22 Apr 2016 12:43
    Last Modified: 22 Apr 2016 12:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25407

    Actions (login required)

    View Item