PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DAN SEVIS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Dzulfahmi, Muhammad (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DAN SEVIS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (452Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing dan servis bolavoli dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dengan rincian tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 18 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar passing dan servis bolavoli pada Siklus I dari 32 peserta didik mencapai 65,62% atau sebanyak 21 siswa pada hasil belajar passing bolavoli dan sebesar 68,75% atau sebanyak 22 siswa sudah memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar servis bolavoli. Pada Siklus II meningkat mencapai 87,5% atau sebanyak 28 siswa pada hasil belajar passing dan sebesar 93,75% atau sebanyak 30 siswa sudah memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar servis bolavoli yaitu dengan KKM 75. Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar passing dan servis bolavoli dibuktikan dengan tercapainya target sebesar 80% oleh siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 tahun pelajaran 2015 / 2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 22 Apr 2016 11:21
    Last Modified: 22 Apr 2016 11:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25399

    Actions (login required)

    View Item