Hubungan antara Kualitas Input dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Kelas X SMK Pancasila Surakarta Tahun Pelajaran 1015/ 2016

PERMANA, MUHAMMAD PRIYA (2016) Hubungan antara Kualitas Input dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Kelas X SMK Pancasila Surakarta Tahun Pelajaran 1015/ 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (712Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menemukan hubungan antara kualitas input terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Pancasila Surakarta, (2) Menemukan hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Pancasila Surakarta, (3) Menemukan hubungan antara kualitas input dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMK Pancasila Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif, yakni data akan disajikan dalam bentuk perhitungan statistik. Metode yang digunakan adalah korelasional, yaitu mencari sebab akibat hubungan dari variabel. Populasi sebanyak 167 siswa dengan sampel yang digunakan 75 siswa kelas melalui simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan cara angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji Reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui satu prediktor yaitu Kualitas Input atau Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar digunakan teknik analisis regresi sederhana, sedangkan untuk mengetahui interaksi hubungan Kualitas Input dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar digunakan teknik analisis regresi ganda. Tingkat signifikasi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara kualitas input (X1) dengan hasil belajar (Y), terbukti dengan r_(X_1 Y) sebesar 1,08 lebih besar dari r_(tabel (75;0,05)) sebesar 0,1914, (2) Terdapat hubungan antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y), terbukti dengan r_(X_2 Y) sebesar 1,2510 lebih besar dari r_(tabel (75;0,05)) sebesar 0,1914, dan (3) Terdapat hubungan antara kualitas input (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) terbukti dengan F_(hitung ) sebesar 185,142 lebih besar dari F_tabel sebesar 3,12.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 22 Apr 2016 11:07
    Last Modified: 22 Apr 2016 11:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25397

    Actions (login required)

    View Item