PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Hariyanto, (2010) PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (450Kb)

    Abstract

    Hariyanto, S840908013. Pendekatan Whole language sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian Tindakan Kelas di SDN 01 Kemasan, xiv Polokarto, Sukoharjo. Tesis. Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman dan meningkatkan kemampuan menulis pengalaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemasan 01, Polokarto, Sukoharjo dengan menerapkan pendekatan whole language Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengambil lokasi di kelas V SDN 01 Kemasan, Polokarto, Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Rencana Pembelajaran setiap siklus disusun oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Setiap tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan. Peneliti melakukan bimbingan intensif kepada guru kelas V tentang penerapan pendekatan whole language dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis pengalaman siswa kelas V yang masih rendah. Oleh karena itu, peneliti ini dapat dikatakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa (kelas V SD) dan guru kelas V. data yang dikumpulkan berupa data tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pada siswa kelas V. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan reviu informan. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Penerapan whole language dalam pembelajaran menulis pengalaman dilakukan dengan jalan menerapkan komponen whole language yang didalamnya meliputi kegiatan membaca, menulis jurnal, membaca dalam hati, membaca bersama, membaca terbimbing, menulis terbimbing, membaca bebas, dan menulis bebas. Simpulan penelitian sebagai berikut pertama, penerapan pendekatan whole language dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut ditandai dengan meningkatnya: (1) Jumlah siswa yang aktif dalam kegiatan apersepsi maupun dalam kegiatan pembelajaran, (2) Jumlah siswa yang mampu berinisiatif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, (3) Jumlah siswa yang sudah mampu bekerja sama dan kompak dalam kelompok, dan (4) Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Kedua, penerapan pendekatan whole language dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis pengalaman siswa dari rata-rata 55,96 menjadi 75,06.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 12 Jul 2013 16:16
    Last Modified: 12 Jul 2013 16:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2538

    Actions (login required)

    View Item