GAMBARAN TOKOH SINTA DALAM NOVEL SINTA OBONG KARYA ARDIAN KRESNA DAN CERITA RAMAYANA KARYA C. RAJAGOPALACHARI: Studi Sastra Bandingan

Sasongko, Tegar Aji (2016) GAMBARAN TOKOH SINTA DALAM NOVEL SINTA OBONG KARYA ARDIAN KRESNA DAN CERITA RAMAYANA KARYA C. RAJAGOPALACHARI: Studi Sastra Bandingan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (266Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah gambaran tokoh Sinta dalam novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dan cerita Ramayana karya C. Rajagopalachari? 2) Bagaimanakah perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dengan cerita Ramayana karya C.Rajagopalachari? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan gambaran tokoh Sinta dalam novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dan cerita Ramayana karya C. Rajagopalachari (2) Mendeskripsikan perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dengan cerita Ramayana karya C. Rajagopalachari Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sumber data pada penelitian ini yaitu berupa teks novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dan cerita Ramyana karya C. Rajagopalachari. Data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah frasa dan kalimat yang terdapat dalam novel Sinta Obong Karya Ardian Kresna dan cerita Ramayana karya C. Rajagopalachari. Penelitian ini menggunakan teori sastra bandingan dan pendekatan biografis sastra. Simpulan pada penelitian ini adalah. 1) Gambaran tokoh Sinta dalam novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dan cerita Ramayana karya C. Rajagopalachari memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah Sinta sebagai perempuan istana terpancar dari wajahnya, Sinta sebagai gambaran dari perempuan timur, lambang kekokohan hati terhadap pendirian, Sinta memiliki sifat yang setia dan berbakti kepada suami, Sinta sebagai jelmaan dari Dewi, Sinta memiliki sifat hedonis. Perbedaannya adalah. Persahabatan Sinta dengan Trijata. Perbedaan motif Rahwana menculik Sinta, faktor Sinta membakar diri, Sinta yang tengah hamil bertemu dengan Resi Walmiki, dalam Sinta Obong diceritakan Sinta melahirkan Batlawa dan Ramakusya. 2) Perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel Sinta Obong karya Ardian Kresna dengan cerita Ramayana karya C. Rajagopalachari menganggap Raja adalah Dewa, Kama digambarkan oleh C. Rajagopalachari pada tokoh Rahwana dengan nafsu birahi akhirnya menculik Sinta. Ardian Kresna sebagai orang Jawa menyisipkan konsep perempuan sebagai kanca wingking dan sigaran jiwa dalam tokoh Sinta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 21 Apr 2016 13:50
    Last Modified: 21 Apr 2016 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25373

    Actions (login required)

    View Item