Pemerolehan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Antara Pembelajar Perempuan dan Pembelajar Laki-laki Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Dehasen Bengkulu.

Aditya, Silvia Erlin (2016) Pemerolehan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Antara Pembelajar Perempuan dan Pembelajar Laki-laki Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Dehasen Bengkulu. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (156Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa asing mahasiswa program studi sastra Inggris UNIVED. Penelitian ini menganalisis dua genre karangan yang ditulis oleh para pembelajar bahasa Inggris tersebut. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen menggunakan performance analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui keterampilan menulis teks deskriptif dan naratif dalam bahasa Inggris (2) mengetahui pemerolehan gramatikal bahasa Inggris (3) mengetahui pemerolehan format kata bahasa Inggris untuk mendeteksi level pembelajar bahasa. (4) membandingkan hasil pemerolehan bahasa berdasarkan jenis kelamin partisipan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari beberapa metode yaitu metode analisis dokumen dan wawancara dengan para informan. Data penelitian ini adalah teks deskripsi dan teks naratif yang ditulis oleh partisipan serta didukung hasil interview pada beberapa partisipan. Data dianalisis menggunakan metode trianggulasi. Peneliti menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema budaya untuk menganalisis data. Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan, yaitu : (1)Teks deskripsi merupakan genre teks yang paling baik dikuasai oleh pembelajar bahasa Inggris di UNIVED (2) Pemerolehan gramatika para pembelajar tersebut masih rendah dengan kategori error misformation dan misapplied yang sangat dominan ditemukan. (3) Pemerolehan format kata menggambarkan bahwa level para pembelajar bahasa Inggris di UNIVED masih pada level elementary learners. (4) Pembelajar laki-laki lebih baik pemerolehan bahasa Inggrisnya dibandingkan pembelajar perempuan berdasarkan hasil analisis struktur teks, pemerolehan gramatika, dan pemerolehan format kata. Berdasarkan penemuan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa asing mahasiswa Program studi sastra Inggris UNIVED Bengkulu secara umum masih rendah. Kata kunci: deskripsi, naratif, gramatika, format kata, pemerolehan bahasa asing.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Linguistik - S2
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 21 Apr 2016 13:45
    Last Modified: 21 Apr 2016 13:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25372

    Actions (login required)

    View Item