Faktor Fisik Dominan Penentu Kemampuan Servis Sepak Takraw (Analisis Regresi Anthropometri dan Kemampuan Fisik pada Mahasiswa FIK Uncen di Kota Jayapura – Papua)

Nasruddin, (2016) Faktor Fisik Dominan Penentu Kemampuan Servis Sepak Takraw (Analisis Regresi Anthropometri dan Kemampuan Fisik pada Mahasiswa FIK Uncen di Kota Jayapura – Papua). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (71Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang lebih dominan antara faktor anthropometri( rasio panjang tungkai dan tinggi badan, dan berat badan) dan faktor kemampuan fisik (power otot tungkai, fleksibilitas togok, dan keseimbangan). Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis regresi. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa FIK Uncen. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 mahasiswa Putra. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan melakukan pengujian persyaratan analisis yang meliputi multikolinearitas, heteroskedasitas, normalitas, dan linearitas. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang meliputi menghitung persamaan garis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari variabel rasio panjang tungkai dan tinggi badan, berat badan, power otot tungkai, fleksibilitas togok, dan keseimbangan, menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap servis sepak takraw adalah power otot tungkai dengan nilai p= 0,028, variabel keseimbangan dengan nilai p= 0,032 dan fleksibilitas togok dengan nilai p=0,043. Sedangkan dua variabel yang tidak mendukung terhadap kemampuan servis adalah variabel rasio panjang tungkai dan tinggi badan dengan nilai p=0,809, dan variabel berat badan dengan nilai p= 0,171 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel yang paling dominan dalam menentukan kemampuan servis sepak takraw pada mahasiswa putra FIK Universitas Cenderawasih adalah variabel dari kemampuan fisik yaitu power otot tungkai. Kata Kunci: Anthropometri, Kemampuan fisik, servis sepak takraw, analisis regresi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 21 Apr 2016 13:20
    Last Modified: 21 Apr 2016 13:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25367

    Actions (login required)

    View Item