FORMULASI TABLET ANTALGIN DENGAN VARIASI KONSENTRASI AMILUM BIJI NANGKA (Artocarpus heterophyllus Lamk.) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT

HAKIM, MUHAMMAD LUKMAN (2016) FORMULASI TABLET ANTALGIN DENGAN VARIASI KONSENTRASI AMILUM BIJI NANGKA (Artocarpus heterophyllus Lamk.) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (620Kb) | Preview

    Abstract

    Amilum merupakan bahan tambahan pembuatan tablet sebagai bahan pengisi, pengikat, dan bahan penghancur. Amilum mengandung 2 komponen yaitu amilosa dan amilopektin, sebagai bahan pengikat amilum dikendalikan oleh komponen amilopektin. Nangka merupakan tanaman yang menghasilkan pati pada bijinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pati biji nangka sebagai bahan pengikat terhadap sifat fisik tablet antalgin secara granulasi basah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan membandingkan 3 konsentrasi amilum bii nangka, sehingga diperoleh 3 formula yaitu formula I menggunakan amilum biji nangka 10%, formula II 12,5% dan formula III 15%. Setiap formula dilakukan uji sifat fisik granul meliputi waktu alir, sudut diam, dan pengetapan, serta dilakukan pemeriksaan sifat fisik tablet yaitu keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Data yang diperoleh dibandingkan dengan acuan standard dan dilakukan analisa secara statistik, untuk mengetahui distribusi data dilakukan dengan uji Kolmogorv-Smirnov, kemudian dilanjutkan dengan uji ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pati biji nangka dengan konsentrasi 10%, 12,5%, dan 15% memberikan pengaruh terhadap massa tablet yaitu waktu alir, sudut diam, dan indeks pengetapan, sedangkan tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna terhadap sifat fisik tablet secara statistik. Formula I (amilum biji nangka 10%) menunjukkan formula terbaik dengan waktu alir 9,31 detik, sudut diam 30,30o, dan indeks pengetapan 6%. Kata kunci : Pati biji nangka, tablet antalgin, sifat fisik tablet.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 21 Apr 2016 13:05
    Last Modified: 21 Apr 2016 13:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25365

    Actions (login required)

    View Item