PENGARUH FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBANGUN PERSEPSI MEREK TERBAIK PADA SITUS JUAL BELI ONLINE (Analisis Structural Equation Model Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Usage, Brand Performance, Advertising Awareness, dan WoM Social Media dalam Membangun Persepsi Merek Terbaik Situs Jual Beli Online pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Boyolali)

Nugroho, Selo Ponco (2016) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBANGUN PERSEPSI MEREK TERBAIK PADA SITUS JUAL BELI ONLINE (Analisis Structural Equation Model Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Usage, Brand Performance, Advertising Awareness, dan WoM Social Media dalam Membangun Persepsi Merek Terbaik Situs Jual Beli Online pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Boyolali). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (897Kb) | Preview

    Abstract

    Selo Ponco Nugroho. 2015. D1212071. “PENGARUH FAKTORFAKTOR YANG MEMBANGUN PERSEPSI MEREK TERBAIK PADA SITUS JUAL BELI ONLINE” (Analisis Structural Equation Model Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Usage,Brand Performance, Advertising Awareness,dan WoM Social Media dalam Membangun Persepsi Merek Terbaik Situs Jual Beli Online pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Boyolali). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Kekuatan merek adalah konsep dasar yang digunakan pelaku pasar untuk mempertahankan eksistensi dan membantu sebuah merek memenangkan persaingan pada pasar kompetitif. Kekuatan merek dapat diukur melalui persepsi konsumen terhadap suatu merek terbaik. Pemilik merek melakukan berbagai upaya untuk membangun persepsi terhadap merek terbaik. Penelitian dilakukan untuk menguji model persepsi terhadap merek terbaik yang secara konseptual dibangun melalui faktor-faktor Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Usage, Brand Performance, Advertising Awareness, dan WoM Social Media situs jual beli online. Penelitian ini mengembangkan model kekuatan merek David Aaker (1991) yang melibatkan faktor Brand Awareness dan Perceived Quality. Variabel yang relevansebagai respon terhadap perkembangan fenomena komunikasi pada merek situs jual beli online. Ditambahkan beberapa faktor Brand Usage, Brand Performance, Advertising Awareness, dan WoM Social Media. Penelitian ini menggunakan Teori efek komunikasi Lavidge dan Steiner untuk menganalisa tahapan dari efek komunikasi merek, meliputi tahapan kognitif, afektif, dan konatif. Setiap tahapan efek diterjemahkan dengan menggunakan variabel penelitian.Semakin tinggi tingkat kesadaran konsumen terhadap merek, baik merek secara keseluruhan, maupun merek yang sering dibicarakan dari mulut ke mulut, dan merek yang melakukan kegiatan iklan, maka akan semakin besar potensi merek dipersepsikan sebagai merek terbaik. Responden dalam penelitian ini adalah para siswa SMA yang ada di kota Boyolali dengan jumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampling dilakukan secara Sampling aksidental karena populasi bersifat tidak terdefinisi.Model diuji menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kekuatan merek fit dengan nilai RMSEA 0,081 dan Pvalue 0,047.Model menunjukkan adanya pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Usage, Brand Performance, Advertising Awareness, dan WoM Social Media dalam membangun persepsiterhadap merek terbaik situs jual beli online. Tiga variabel yang mempunyai kontribusi terbesar dalam membangun persepsi terhadap merek terbaik secara berurutan adalah WoM Social Media (1,040), Brand Usage (1,010), dan Advertising Awarness (1,000). Kata kunci: Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Usage, Brand Performance, Advertising Awareness, dan WoM Social Media.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 21 Apr 2016 11:44
    Last Modified: 21 Apr 2016 11:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25351

    Actions (login required)

    View Item