PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN MENGELOLA PERTEMUAN/ RAPAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN PROFESI (LPP) IPMI KUSUMA BANGSA SURAKARTA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

OCTAVIANINGRUM, DILLA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN MENGELOLA PERTEMUAN/ RAPAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN PROFESI (LPP) IPMI KUSUMA BANGSA SURAKARTA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (43Kb) | Preview

    Abstract

    Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Videoscribe dalam Pembelajaran Mengelola Pertemuan/ Rapat Di Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) IPMI Kusuma Bangsa Surakarta Jurusan Administrasi Perkantoran.TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.,II: Dr. Leo Agung S., M.Pd.. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Kependidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Kemajuan teknologi dalam media pembelajaran seperti gambar, media visual dan audio visual menjadi pilihan yang tepat dalam meningkatkan mutu pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengelola pertemuan/rapat, mengembangkan media audio visual Sparkol videoscribe, menemukan keefektifan media audio visual Sparkol Videoscribe dalam Pembelajaran Mengelola Pertemuan/ Rapat di LPP IPMI Kusuma Bangsa Surakarta Jurusan Administrasi Perkantoran Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakanmodel Hannafin and Peck. Fase-fase dari model ini meliputi fase analisis kebutuhan, fase desain dan fase pengembangan dan implementasi.Penyusunan data untuk media yang dikembangkan memanfaatkan software Sparkol Videoscribe dengan bantuan editing menggunakan software windows Movie Makker. Pada tahap uji coba, media audio visual di uji coba melalui validitas oleh para ahli dan uji coba olehmahasiswa.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes.Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 4,4(katagori sangat baik). Validasi ahli media dengan rata-rata 4,3(sangat baik), menurut mahasiwa media inibaik dengan presentase 87%. Efektifitas diperoleh bahwa thitung> ttabel=(6,37> 1,75), maka H0ditolak, hal ini berarti kedua kelompok memiliki nilai prestasi belajar yang berbeda. Hasil posttest antara kelas eksperimen (menggunakan media yang dikembangkan) dengan kelas kontrol (tidak menggunakan media yang dikembangkan) menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelas eksperimen yaitu 88,00, nilai rata-rata ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 74,93. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media audio visual Sparkol Videoscribe dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio Visual, Humas dan Keprotolan, Mengelola Pertemuan/ Rapat, Administrasi Perkantoran

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 21 Apr 2016 05:37
    Last Modified: 21 Apr 2016 05:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25342

    Actions (login required)

    View Item