ANALISIS EFEKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI JAWA TENGAH (Studi pada Enam Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)

NURLAENA, UPIK (2016) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI JAWA TENGAH (Studi pada Enam Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (832Kb) | Preview

    Abstract

    Dengan berlakunya otonomi daerah, setiap daerah dituntut untuk mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah adalah Pajak Daerah. Pajak hotel merupakan salah satu komponen pajak daerah yang potensinya semakin berkembang seiring dengan semakin diperhatikannya komponen sektor jasa dan pariwisata dalam kebijakan pembangunan sehingga dapat menunjang berkembangnya bisnis rekreasi (pariwisata). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak hotel di Jawa Tengah. Wilayah penelitian meliputi enam kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan penerimaan pajak hotel tertinggi dalam rentang waktu tahun 2005-2013. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kontribusi pajak hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), efektifitas pajak hotel dan tingkat potensi pajak hotel dan dalam menjawab pertanyaan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pajak hotel di Jawa Tengah menggunakan analisis regresi data panel. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pemungutan pajak hotel tahun 2005-2013 di enam kabupaten/kota adalah efektif. Variabel Jumlah wisatawan, jumlah hotel, tingkat penghunian kamar hotel dan pertumbuhan ekonomi tercatat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak hotel di Jawa Tengah. Kata kunci : Pajak hotel, efektivitas pajak hotel, wisatawan, hotel, tingkat penghunian kamar hotel, pertumbuhan ekonomi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 20 Apr 2016 22:10
    Last Modified: 20 Apr 2016 22:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25336

    Actions (login required)

    View Item