PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015

BEKA F.A, BERNADETA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (348Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sosiologi dengan penerapan model pembelajaran aktif bermain jawaban di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun ajaran 2014 - 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun ajaran 2014 - 2015 yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran aktif bermain jawaban adalah sebagai berikut: tingkat minat belajar siswa pada saat pratindakan sebesar 25%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 66,5%, dan pada siklus II tingkat minat belajar Sosiologi menjadi 88,75%. Dengan meningkatnya minat belajar siswa berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa: Pada pratindakan rata-rata kelas sebesar 76 dengan presentase ketuntasan 53%, setelah diterapkannya model pembelajaran aktif bermain jawaban pada siklus I meningkat menjadi 79 dengan presentase ketuntasan 68%, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83 dengan presentase ketuntasan 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif bermain jawaban dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sosiologi siswa sebesar 63,75% dan berdampak pada peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 6 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 30% pada siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014 - 2015. Kata kunci: Model Pembelajaran Aktif, Bermain Jawaban, Minat dan hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 21 Apr 2016 05:09
    Last Modified: 21 Apr 2016 05:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25328

    Actions (login required)

    View Item