PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TIPE STAD DAN TGT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL

SOEBIYANTO, (2016) PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TIPE STAD DAN TGT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (121Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan model kooperatif dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT), gaya belajar, kemampuan awal dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta Tahun akademik 2012/2013 dengan pokok bahasan identifikasi dan penyimpanan bahan kimia. Populasi penelitian adalah mahasiswa D-3 dan D-4 jurusan analis kesehatan semester 1. Dalam penelitian ini sampel dipilih secara acak dan diperoleh kelas eksperimen yaitu, kelas X dan kelas Y. Kelas X diberi pembelajaran dengan model STAD dan kelas Y diberi pembelajaran dengan model TGT. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Ada pengaruh pembelajaran kimia menggunakan model STAD dan TGT terhadap prestasi belajar mahasiswa; (2) Ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif mahasiswa; (3) Ada pengaruh antara gaya belajar kinestetik dan visual terhadap prestasi belajar mahasiswa; (4) Ada interaksi pembelajaran kimia dengan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar kognitif mahasiswa; (5) Ada interaksi pembelajaran kimia dengan model STAD dan TGT dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa; (6) Ada interaksi kemampuan awal dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa; (7) Ada interaksi pembelajaran kimia dengan model STAD dan TGT, kemampuan awal dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Teams Games Tournament (TGT), kemampuan awal, gaya belajar dan prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 20 Apr 2016 21:45
    Last Modified: 20 Apr 2016 21:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25326

    Actions (login required)

    View Item