KEWENANGAN JAKSA DALAM MENGHITUNG KERUGIAN KEUANGAN NEGARA PADA PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Hukum mengenai Kasus Pengadaan Pipa, Accessories dan Water Meter di Kabupaten Wonogiri)

RUSTAMAJI, ANAS (2016) KEWENANGAN JAKSA DALAM MENGHITUNG KERUGIAN KEUANGAN NEGARA PADA PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Hukum mengenai Kasus Pengadaan Pipa, Accessories dan Water Meter di Kabupaten Wonogiri). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (150Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji kewenangan jaksa khususnya dalam menghitung kerugian keuangan negara pada perkara tindak pidana korupsi mengkerucut pada tindakan Jaksa pada Kejaksaan Negeri Wonogiri Yang Telah menghitung sendiri Kerugian Negara Pada Perkara Tindak Pidana Korupsi mengenai Kasus Pengadaan Pipa, Accessories dan Water Meter di Kabupaten Wonogiri Sudah Sesuai Dengan Peraturan Perundang-undangan yang dikaitkan dengan Studi Hukum Progresif. Berdasarkan jenisnya penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang mengacu pada konsep hukum kedua. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang terdiri dari bahan primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier sebagai data pendukungnya. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif dengan bentuknya penelitian diagnostik dan penelitian preskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan untuk mengumpulkan dan menyusun data yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Analisis data yaitu dengan Statute Approach (Pendekatan Perundang-undangan) dan dengan menggunakan pendekatan kasus (Case Approach). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap permasalahan dalam penelitian ini bahwa kewenangan jaksa dalam menangani perhitungan kerugian negara pada perkara tindak pidana korupsi pengadaan pipa, accessories dan water meter di Kabupaten Wonogiri tersebut tidak ada peraturan perundang-undangan yang mengaturnya hal tersebut bertentangan dengan teori kewenangan yang berprinsip pada asas legalitas. Akan tetapi langkah yang diambil oleh Jaksa pada Kejaksaan Negeri Wonogiri tersebut telah menerapkan hukum responsif dan hukum progresif didalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Kata kunci : Kewenangan Jaksa, Menghitung Kerugian Negara, Korupsi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 20 Apr 2016 21:31
    Last Modified: 20 Apr 2016 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25321

    Actions (login required)

    View Item