TINJAUAN PENYATUAN BEBERAPA TERDAKWA DALAM SATU BERKAS DAKWAAN OLEH PENUNTUT UMUM DAN IMPLIKASI YURIDISNYA PADA PENUNTUTAN PERKARA PEMERASAN DI PENGADILAN NEGERI BOYOLALI (Studi Putusan Nomor : 89/Pid.B/2014/PN.Byl.)

PAURAN, AKWILA (2016) TINJAUAN PENYATUAN BEBERAPA TERDAKWA DALAM SATU BERKAS DAKWAAN OLEH PENUNTUT UMUM DAN IMPLIKASI YURIDISNYA PADA PENUNTUTAN PERKARA PEMERASAN DI PENGADILAN NEGERI BOYOLALI (Studi Putusan Nomor : 89/Pid.B/2014/PN.Byl.). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (286Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur Penyatuan Beberapa Terdakwa Dalam Satu Berkas Dakwaan Oleh Penuntut Umum Dan Implikasi Yuridisnya Pada Penuntutan Perkara Pemerasan Di Pengadilan Negeri Boyolali (Studi Putusan Nomor : 89/Pid.B/2014/PN.Byl.). Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal dimana keilmuan hukumnya bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data secara kualitatif dengan analisis deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dakwaan yang disusun Penuntut Umum dalam perkara Nomor 89/pid.b/2014/pn.byl. merupakan dakwaan tunggal dengan pembuktian dakwaan dilakukan secara berurut yang dimulai pada dakwaan tindak pidana yang diancam dengan pidana terberat sampai kepadadakwaan yang dipandang terbukti. Peristiwa pidana yang dilakukan terdakwa mengandung unsur perbuatan yang tunggal yaitu pemerasan. Bentuk dakwaan yang diajukan penuntut umum adalah dakwaan tunggal yaitu para terdakwa telah melanggar Pasal 368 ayat 1 KUHPjo Pasal 365ayat2ke-2KUHP. Bentukdakwaan tunggal yang diajukan penuntut umum dilakukan secara berurut dengan dimulai padadakwaan tindak pidana yang diancam dengan pidana terberat sampai kepadadakwaan tindak pidana yang diancam dengan pidana ringan hingga dakwaan yang dipandang terbukti. Terkait adanya penyatuan beberapa terdakwa dalam satu berkas perkara yang dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum, menurut Majelis hakim, hal tersebut dapat dilaksanakan, karena para terdakwa sudah menyetujuinya. Selain itu dengan adanya penyatuan beberapa terdakwa dalam satu dakwaan tersebut selain memberikan efek yang positif yaitu waktu persidangan yang lebih singkat dan juga biaya sidang yang lebih murah. Penggabungan beberapa berkas dakwaan dengan beberapa terdakwa, sangat mungkin dilakukan. Implikasi yuridis konstruksi hukum yang disusun Penuntut Umum bagi penjatuhan vonis yakni tidak menunjukkan pengaruh signifikan,hal demikian dikarenakan Putusan Hakim 8 bulan sementara tuntutan oleh Penuntut Umum 1 tahun 6 bulan. Sehingga tidak sesuai dengan ancaman hukuman tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun. Hakim memberikan hukuman maksimal karena tuntutan Penuntut Umum yang hanya menuntut 6 bulan. Kata kunci: Penyatuan beberapa terdakwa, implikasi yuridis, pemerasan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 20 Apr 2016 20:57
    Last Modified: 20 Apr 2016 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25315

    Actions (login required)

    View Item