KALIBRASI ANTARWAKTU PESAWAT TELETERAPI CO-60 DI RSUD DR MOEWARDI:PENGUKURAN, PERKIRAAN DAN PEMODELANG DENGAN SOFTWARE MCNPX

Khasanah, Umi (2016) KALIBRASI ANTARWAKTU PESAWAT TELETERAPI CO-60 DI RSUD DR MOEWARDI:PENGUKURAN, PERKIRAAN DAN PEMODELANG DENGAN SOFTWARE MCNPX. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (635Kb) | Preview

    Abstract

    Laju dosis serap yang dihasilkan pesawat radioterapi harus dijamin ketepatannya melalui kegiatan kalibrasi. Kalibrasi harus dilakukan secara berkala, dengan protokol baku dari IAEA yakni TRS 398. Kalibrasi pesawat teleterapi 60Co terakhir dilakukan pada Juli 2013, sampai akhir 2015 kalibrasi berkala belum dilakukan, maka diperlukan kalibrasi antarwaktu. Penelitian ini melaporkan tentang hasil kalibrasi antarwaktu dengan protokol IAEA TRS 398, dibandingkan dengan perkiraan laju dosis berdasarkan Sertifikat Kalibrasi tahun 2013. Hasil pengukuran dan perkiraan laju dosis serap diperoleh selisih sebesar 12,5%. Selisih yang cukup besar ini mengindikasikan pesawat teleterapi 60Co tipe GWXJ80 perlu segera dikalibrasi ulang. Hasil simulasi komputer dengan software MCNPX dapat digunakan untuk memprediksi laju dosis serap setiap saat sebagai fungsi kedalaman detektor di dalam phantom sesuai letak kanker yang akan diterapi. Laju dosis serap pada kedalaman kanker menurun secara eksponensial, bukan linier. Pemodelan sumber 60Co berupa sumber disk menghasilkan laju dosis lebih tepat daripada sumber titik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 20 Apr 2016 20:13
    Last Modified: 20 Apr 2016 20:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25310

    Actions (login required)

    View Item