PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP/MTs KELAS VIII DI KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN

ROCHMAHTUN, SITI (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP/MTs KELAS VIII DI KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (430Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw dan problem based learning terhadap prestasi belajar PKn siswa, (2) Perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar PKn siswa, (3) Interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pkn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Sambirejo tahun ajaran 2015/2016. Sampel diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian yang diperoleh adalah 24 siswa kelas VIII C SMP N 2 Sambirejountuk diberikan treatment model cooperative learning tipe jigsaw dan 27 siswa kelas VIII A untuk diberikan treatment model problem based learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen, tes tertulis berbentuk obyektif, penilaian nontes, dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan analisis variansi dua jalan (anava two way). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dan problem based learning terhadap prestasi belajar PKn siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (10,032 > 4,06) pada taraf signifikansi 5%; (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar PKn siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (27,684 > 3,20) pada taraf signifikansi 5%; (3) Tidak terdapat interaksi secara signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung < Ftabel (1,167 < 4,17) pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Cooperative learning tipe jigsaw, problem based learning, motivasi belajar siswa, prestasi belajar PKN siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 20 Apr 2016 19:52
    Last Modified: 20 Apr 2016 19:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25307

    Actions (login required)

    View Item