PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA SMK NEGERI 4 SUKOHARJO

SAPTIONO, RAGIL HAYAN (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA SMK NEGERI 4 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (617Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran interaktif animasi video dapat mendukung sebagai perangkat bantu pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa maksimal. Penelitian ini berlandaskan dengan metode penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Sukoharjo Jurusan Teknik Gambar Bangunan Kelas X yang melibatkan 10 siswa uji skala kecil dan 24 siswa uji skala besar. Perancangan media pembelajaran dibuat melalui beberapa tahap yaitu mulai dari pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil penelitian menunjukan: (1) hasil validasi produk oleh ahli media sebesar 92% (sangat layak), ahli instruksional 66% (layak), dan ahli materi 93% (sangat layak). (2) Rata-rata uji coba skala besar menunjukan bahwa media animasi video menggambar dengan perangkat lunak pada skala likert dengan presentase 74,5% dalam kategori layak. (3) Nilai rata-rata siswa pada saat sebelum menggunakan media adalah 74,17 , sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan media animasi video adalah 77,42. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 11,484 > t tabel 2,074, sehingga dapat disimpulkan t hitung jatuh pada penerimaan Ha. Hasil tersebut menunjukan nilai hasil belajar siswa menggunakan media animasi video lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan media. Berdasarkan hasil dari tahap pengujian uji validasi media dari para ahli, uji skala kecil serta uji skala besar, dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran interaktif animasi video dapat mendukung sebagai perangkat bantu pembelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas X TGB A SMK Negeri 4 Sukoharjo.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 20 Apr 2016 19:06
    Last Modified: 20 Apr 2016 19:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25301

    Actions (login required)

    View Item