Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TGB B pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Sukoharjo

SOFYANI, FITRIYAH (2016) Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TGB B pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (320Kb) | Preview

    Abstract

    IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TGB B PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan prestasi belajar siswa; (2) Peningkatan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle di kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar dan lembar penilaian dari observasi. Uji validitas data menggunakan member check dan analisa data menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dapat meningkatkan: (1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif (prasiklus 60%, siklus I 74,29%, siklus II 80%) ditinjau dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 20%; (2) Ranah afektif (prasiklus 65,71%, siklus I 77,14%, siklus II 91,43%) ditinjau dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II ranah afektif mengalami peningkatan sebesar 25,72%; (3) Ranah psikomotorik (prasiklus 74,02%, siklus I 83,63%, siklus II 88,49%) ditinjau dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II ranah psikomotorik mengalami peningkatan sebesar 14,47%; (4) Keaktifan siswa (prasiklus 60%, siklus I 80%, siklus II 94,29%) ditinjau dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 8,93%. Kata kunci: Learning Cycle, Hasil belajar, dan Keaktifan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 20 Apr 2016 18:25
    Last Modified: 20 Apr 2016 18:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25294

    Actions (login required)

    View Item