RELATIONSHIP DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ETNIK (Studi Kasus: Pembentukan, Pemeliharaan dan Dinamika Relationship dalam Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Sulawesi Tengah dan Mahasiswa Jawa di Yogyakarta)

ADRIAN, DONAL (2016) RELATIONSHIP DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ETNIK (Studi Kasus: Pembentukan, Pemeliharaan dan Dinamika Relationship dalam Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Sulawesi Tengah dan Mahasiswa Jawa di Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (237Kb) | Preview

    Abstract

    RELATIONSHIP DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ETNIK (Studi Kasus: Pembentukan, Pemeliharaan dan Dinamika Relationship dalam Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Sulawesi Tengah dan Mahasiswa Jawa di Yogyakarta). TESIS. Pembimbing I: Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D. Pembimbing II: Drs. Y. Slamet, M.Sc., Ph.D. Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen relationship yang dilakukan oleh mahasiswa Sulawesi Tengah terhadap mahasiswa Jawa di Yogyakarta. Dalam manajemen relationship tersebut terbagi atas tiga tahap yaitu pembentukan hubungan, pemeliharaan hubungan dan dinamika hubungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel/informan menggunakan maximum varians sampling yang berjumlah 9 informan mahasiswa Sulawesi Tengah di Yogyakarta. Untuk teknik analisis data menggunakan tekni Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen relationship pertemanan antara mahasiswa Sulawesi Tengah dan mahasiswa Jawa di Yogyakarta terbagi dalam tiga tahap yaitu (1) tahap pembentukan hubungan (relationship). Mahasiswa Sulawesi Tengah bertindak sebagai komunikator sebelum dan setelah datang di Yogyakarta dengan menggunakan dua strategi yaitu : a) Strategi pencarian informasi ditandai dengan adanya perilaku mahasiswa Sulawesi Tengah dalam mencari informasi dengan cara mempelajari perilaku suku Jawa pada keluarga/teman yang pernah melakukan kunjungan atau tinggal di Kota Yogyakarta. b) Strategi interaktif dilakukan dengan cara perkenalan diri yang kemudian ditandai dengan adanya saling menanyakan perilaku atau kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan terkait dengan budaya yang dimiliki. Pada tahap ke (2) yaitu tahap pemeliharaan hubungan (relationship) pertemanan. Sebagai komunikator mahasiswa Sulawesi Tengah melakukan penyesuaian budaya seperti berkomunikasi dengan menggunakan logat/dialek suku Jawa dan penyesuaian dengan cara kontrol emosi. Selain itu terdapat juga keterbukaan diri (self disclosure) dengan menceritakan topik-topik yang sama terkait dengan topik perkuliahan, percintaan, dan kondisi keluarga. Pada tahap yang terakhir ke (3) yaitu tahap dinamika hubungan (relationship) pertemanan. Masalah yang sering terjadi antara mahasiswa Sulawesi tengah dan mahasiswa Jawa di Yogyakarta yaitu adanya kesalahpahaman pesan dan perbedaan persepsi. Oleh karena itu, digunakan komunikasi secara dialogis dengan cara melakukan permintaan maaf dan berdiskusi. Kata Kunci: Komunikasi antarbudaya mahasiswa Sulawesi Tengah dan mahasiswa Jawa, Relationship, Komunikator

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 20 Apr 2016 18:20
    Last Modified: 20 Apr 2016 18:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25292

    Actions (login required)

    View Item