PERENCANAAN KOMUNIKASI CITY BRAND

WARDANA, ROSYID IBNU (2016) PERENCANAAN KOMUNIKASI CITY BRAND. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (775Kb) | Preview

    Abstract

    Globalisasi dalam bidang ekonomi dan kebudayaan telah menciptakan kompetisi antar kota di dunia, dan khususnya di Indonesia, untuk menarik investor dan pengunjung dalam rangka meningkatkan ekonomi kota yang bersangkutan. Semarang sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, merasa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan kotanya menjadi lebih menarik di mata khalayaknya. Oleh karena itu mulai tahun 2011 BAPPEDA Kota Semarang mengadopsi strategi pengembangan merek kota (city brand) bertajuk “Semarang Variety of Culture”, untuk membentuk dan mengkomunikasikan citra positif dan keunggulan yang dimiliki oleh kota Semarang kepada khalayaknya. Sayangnya, khalayak (penduduk dan pengunjung) kota Semarang belum memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap brand Semarang Variety of Culture. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti ingin memaparkan langkah-langkah perencanaan komunikasi yang digunakan oleh BAPPEDA Kota Semarang dalam mengembangkan merek kota “Semarang Variety of Cuture” pada tahun 2011 hingga 2014. Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada dua orang staf BAPPEDA Kota Semarang yang menjadi bagian dari tim pengembang merek kota Semarang. Peneliti juga mendapatkan data dari dokumen-dokumen tertulis yang didapatkan dari BAPPEDA Kota Semarang. Data yang terkumpul kemudian direduksi, disajikan dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa BAPPEDA Kota Semarang telah melakukan serangkaian upaya pengembangan merek kota sejak tahun 2011. Dimulai dengan pengumpulan data-data dasar yang digunakan dalam perumusan merek kota dengan melibatkan stakeholders kota Semarang, yang dilanjutkan dengan penetepan tujuan, analisis khalayak, perumusan strategi, pemilihan media komunikasi citra kota, perumusan pesan bagi target groups tertentu, perumusan manajemen, dan implementasi program dalam bentuk pengembangan touchpoints citra kota Semarang. Sayangnya, pihak BAPPEDA Kota Semarang belum mengadakan kegiatan evaluasi terkait program komunikasi citra kota melalui pengembangan merek kota “Semarang Variety of Culture”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 19 Apr 2016 20:04
    Last Modified: 19 Apr 2016 20:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25275

    Actions (login required)

    View Item