POLA KOMUNIKASI PEKERJA SOSIAL PADA EKS WANITA TUNA SUSILA (WTS) DI BALAI REHABILITASI SOSIAL “WANITA UTAMA” SURAKARTA

Anggraini, Rosita Nur (2016) POLA KOMUNIKASI PEKERJA SOSIAL PADA EKS WANITA TUNA SUSILA (WTS) DI BALAI REHABILITASI SOSIAL “WANITA UTAMA” SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (471Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah sosial adalah fenomena yang muncul di kehidupan bermasyarakat yang selalu ada seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu masalah sosial yang menjadi persoalan krusial di Indonesia adalah keberadaaan wanita tuna susila (WTS). Sebagai bentuk upaya pengembalian manusia yang normatif pemerintah memiliki Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta sebagai tempat merehabilitasi eks wanita tuna susila dalam lingkup wilayah provinsi Jawa Tengah. Berbagai bimbingan yang ada di Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta merupakan serangkaian kegiatan rehabilitasi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi eks wanita tuna susila dan menjadikan mereka bersikap normatif. Pekerja sosial merupakan pembimbing eks wanita tuna susila di Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta. Pekerja sosial menggunakan komunikasi sebagai cara mereka dalam menyampaikan pesan kepada eks wanita tuna susila atau sering disebut dengan penerima manfaat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi pekerja sosial pada penerima manfaat di Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta beserta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam komunikasi pekerja sosial pada penerima manfaat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan, menuturkan dan menganalisa data yang ada secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Teori yang digunakan adalah menggunakan komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi bermedia massa. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam pola komunikasi pekerja sosial pada penerima manfaat menggunakan komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi bermedia. Pada komunikasi yang digunakan pekerja sosial pada penerima manfaat memiliki keunikan masingmasing sesuai dengan tujuan komunikasinya. Selain itu penulis juga mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam komunikasi pekerja sosial pada penerima manfaat. Kata kunci : Pola, Komunikasi, antarpribadi, kelompok, Pekerja sosial, Penerima manfaat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 19 Apr 2016 19:57
    Last Modified: 19 Apr 2016 19:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25274

    Actions (login required)

    View Item