PENERAPAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Aristama, Restu Fitrian (2016) PENERAPAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (286Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan argumentasi lisan siswa dengan menerapkan guided inquiry di kelas X-4 SMA Negeri 3 Boyolali tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada keterampilan argumentasi lisan. Keterampilan argumentasi lisan pada siklus I mencapai 4,17 %, siklus II 6,32 % dan siklus III 11,46 %. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi lisan. Kata Kunci: Guided Inquiry dan Keterampilan Argumentasi Lisan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 19 Apr 2016 18:51
    Last Modified: 19 Apr 2016 18:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25265

    Actions (login required)

    View Item