Mitigasi, Kesiapsiagaan, dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Kekeringan Kabupaten Grobogan (Implementasi Sebagai Modul Kontekstual Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Pokok Bahasan Mitigasi Bencana)

HASTUTI, DWI (2016) Mitigasi, Kesiapsiagaan, dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Kekeringan Kabupaten Grobogan (Implementasi Sebagai Modul Kontekstual Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Pokok Bahasan Mitigasi Bencana). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (569Kb) | Preview

    Abstract

    Dwi Hastuti. S881408003. Mitigasi, Kesiapsiagaan, dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Kekeringan Kabupaten Grobogan (Implementasi Sebagai Modul Kontekstual Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Pokok Bahasan Mitigasi Bencana). Tesis. Pembimbing I: Dr. Sarwono, M. Pd, II: Prof. Dr. Chatarina Muryani, M. Si. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Minat Utama Pendidikan Geografi. Program Pasca sarjana Kependidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mitigasi masyarakat terhadap bencana kekeringan (2) kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana kekeringan (3) adaptasi masyarakat terhadap bencana kekeringan di Kabupaten Grobogan (4) implementasi dari mitigasi, kesiapsiagaan, dan adaptasi masyarakat terhadap bencana kekeringan di Kabupaten Grobogan sebagai suplemen kontekstual modul pembelajaran pada materi mitigasi bencana di kelas X program IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah masyarakat di Kabupaten Grobogan yang mengalami kekeringan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah responden 120 yang diambil dari 5 kecamatan. Hasil penelitian ini adalah: (1) mitigasi bencana kekeringan di Kabupaten Grobogan dilakukan masyarakat dan pemerintah dengan pembuatan embung, sumur bor, pembuatan tandon air, reboisasi, serta perbaikan saluran irigasi. Pemerintah juga melakukan penyuluhan tentang mitigasi kekeringan serta pelaksanaan program sanitasi masyarakat (Pamsimas) (2) Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kekeringan dilakukan masyarakat dengan membuat tandon air pribadi untuk menampung air saat musim kemarau, memperdalam sumur, serta menyiapkan dana khusus untuk menghadapi kekeringan. Pemerintah juga melakukan sosialisasi kesiapsiagaan dalam menghadapi kekeringan.(3) Adaptasi yang dilakukan dalam menghadapi bencana kekeringan yaitu dengan adaptasi pola tanam, penggunaan air secara efisien, penyediaan alokasi dana untuk membeli air bersih dari swasta, serta menjaga kesehatan dan menyediakan obat untuk menghadapi penyakit akibat musim kemarau (kekeringan). (4) Sebagai implementasi dalam bidang pendidikan, penelitian ini diimplementasikan berupa modul pembelajaran kontekstual mitigasi dan strategi adaptasi kekeringan yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi mitigasi bencana di kelas X semester 2 kurikulum 2013. Dalam uji coba modul dilakukan pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Wirosari Kabupaten Grobogan. Respon yang diberikan oleh tim ahli, guru geografi, dan siswa yaitu modul ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran geografi. Kata Kunci: mitigasi, kesiapsiagaan, adaptasi, implementasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 19 Apr 2016 18:37
    Last Modified: 19 Apr 2016 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25261

    Actions (login required)

    View Item